Wednesday 6 March 2013

Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly

SEO Image | Mister Bloggie
SEO Image
Hallo Sobat Blogger, berjumpa lagi bersama Mr. Bloggie hehe. Pada kali ini Mr. Bloggie mau share yang bertopik SEO. Kalian udah tau apa itu SEO? SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization. Udah ada yang tau apa fungsinya SEO? Ya, misalkan jawabnnya untuk meningkatkan SERP (Search Engine Reputation) itu jawaban yang benar. Nah setelah tahu apa itu SEO, mari kita bahas "Cara Membuat Blog menjadi SEO Friendly". Penasaran? Langsung aja kita bahas ya, daripada nanti keburu di Close tab blognya Mr. Bloggie hehe.

1. Page Title
Biasanya Blog dengan Template Default format penulisan Judulnya seperti ini "Judul Blog : Judul Postingan". Nah biar lebih SEO coba deh di ganti dengan "Judul Postingan | Judul Blog". Gimana caranya sih Mr. Bloggie? Gampang kok, nih ikutin stepnya di bawah :
1. Setelah Login Blogger
2. Buka Menu 'Template'
3. Lalu klik 'Edit Html'
4. Cari Kode berikut : <title><data:blog.pageTitle/></title> (Pakai Ctrl+F untuk mempermudah)
5. Ganti kode diatas dengan :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
 Atau sobat Blogger bisa menambahkan kata kunci dari Blog sobat. Caranya? Sama kayak di atas kok :p
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>
6. Save.

2. Meta Keyword dan Deskripsi 
Search Engine sangat menyukai Blog yang memiliki tema dan konten yang jelas. Nah oleh karena itu dibutuhkan Pendeskripsian Blog dan Penamaan kata kunci yang mempengaruhi Blog sobat di Search Engine. Ini memang hal yang sepele tapi jangan salah penamaan keyword dapat mempengaruhi SERP blog anda :p. Mau tahu gimana caranya memasang "Meta Keyword dan Deksripsi"? Berikut step-stepnya :

1. Setelah Login Blogger
2. Buka Menu 'Template'
3. Lalu klik 'Edit Html'
4. Cari kode berikut : <b:skin><![CDATA[/* (Pakai Ctrl+F untuk mempermudah)
5. Paste kode berikut di atas kode <b:skin><![CDATA[/*
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" /><meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" /></b:if>
6. Save.

3. Memasang Breadcrumb
Secara singkat Breadcrumb adalah menu navigasi yang letaknya di atas postingan/judul postingan. Sobat Blogger ternyata Breadcrumb ini mempengaruhi SEO juga loh, kenapa? Karena Breadcrumb juga berisi judul postingan kita sehingga menjadi padat isinya. Mau tau caranya bikin Breadcrumb? Klik disini!

4. Memasang 'Related Post'/'Artikel Terkait'
Pengaruh Artikel Terkait dengan SEO adalah agar postingan sobat yang lama dapat dibaca oleh pengunjung blog. Jadi sangat penting memasang Related Post/Artikel Terkait di blog anda. Gimana sih caranya? Penasaran? Klik disini!.

5. Mematikan Setting Archive/Arsip Blog
Mengapa harus dimatikan? Ya, karena Search Engine khususnya Google tidak menyukai konten ganda maka Setting Arsip Blog sobat harus dimatikan agar tidak menurunkan Nilai SEO pada blog sobat. Ngga maukan kalo rank blog sobat di Google tergeser sama kompetitor sobat? Pastinya!. Gimana sih cara matiinnya? Repot ga? Ngga kok, cukup ikutin step berikut ini :

1. Setelah Login Blogger
2. Buka Menu 'Template'
3. Lalu klik 'Edit Html'
4. Cari kode berikut : <head> (Pakai Ctrl+F untuk mempermudah)
5. Paste kode berikut di bawah kode <head>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>
6. Save.

6. Menambahkan kode 'rel=canonical'
Seperti yang sudah saya bahas siapa sih yang mau ngeliat konten yang dopost (double posting)? Nah sama aja kayak Mbah Google begitu. Jadi, buat yang suka copas siap siap aja ke kick dari Google :p. Cara Pasangnya? Ikutin step-step berikut :

1. Setelah Login Blogger
2. Buka Menu 'Template'
3. Lalu klik 'Edit Html'
4. Cari kode berikut : <head>
5. Paste kode berikut di bawah kode <head>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />
6. Save.

7. Tag Heading
Google menyukai Judul Postingan dengan Tag Heading 'h1'. Nah ubah deh Judul Postingan sobat ke 'h1'. Caranya mudah kok :p. Liat deh step-stepnya berikut :

1. Setelah Login Blogger
2. Buka Menu 'Template'
3. Lalu klik 'Edit Html'
4. Cari kode berikut :
<b:if cond='data:post.title'><h3 class='post-title entry-title'><b:if cond='data:post.link'><a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a><b:else/><b:if cond='data:post.url'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a><b:else/><data:post.title/></b:if></b:if></h3></b:if>
Perhatian : Beberapa Template Blog menggunakan selain 'h3' melainkan 'h2' bahkan sudah ada yang menjadi 'h1'.

5. Paste kode berikut di atas ]]></b:skin>
h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }
6. Save.

Kayaknya segitu aja yang bisa Mr. Bloggie share buat sobat blogger tentang "Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly". Mohon maaf kalo ada salah-salah penulisan dan misalkan ada kalimat yang kurang berkenan di hati sobat blogger semua. Terima Kasih telah berkunjung. Have nice day! and Keep Blogging!.

Punya Pertanyaan seputar postingan di atas? Langsung aja berkomentar atau tanya melalui E-mail : misterbloggie@gmail.com ^^
Newer Post
Previous
This is the last post.

4 comments:

  1. Selain cara di atas, masih banyak cara membuat blog agar benar-benar SEO baik dari struktur dan isi/konten blog semisal ; rutin membuat postingan yang orisinil dan selalu menggunakan keyword yang efektif khususnya di postingan.

    Bagi yang mau menciptakan SEO yang benar dan berkualitas secara keseluruhan, bisa kesini : http://topspot-official.blogspot.com/2013/04/Google-Telah-Menerbitkan-Versi-Terbaru-Panduan-Pengoptimalan-Mesin-Telusur-atau-SEO-Starter-Guide.html.

    Semoga bermanfaat! :)

    ReplyDelete
  2. artikel ini yang saya cari cari agar 2 blog saya dapat menjadi blog yang SEO friendly.

    ReplyDelete
  3. di coba nihh seonya http://sonytutorial.blogspot.com/ :d

    ReplyDelete

Speak up your mind! Don't Junk, Spam, Porn. I hate this!